Kapok Sepi

Kapok Sepi ( Kajian Kelompok Seputar Ilmu)



"Wahai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (menyebut nama) Allah dengan dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang." (Al Ahzab: 41-41)

Alma'tsurat adalah kumpulan ayat-ayat alquran yang bisa dibaca pada waktu pagi hari dan sore hari. Alma'tsurat dapat dibaca sendiri, namun akan lebih baik jika dibaca berkelompok dengan keluarga ataupun teman sebelum memulai diskusi, karena salah satu keutamaan dari membaca Alma'tsurat adalah tidak dihampiri oleh setan. Diskusi adalah suatu perkumpulan antara dua orang atau lebih yang biasanya terjadi pertukaran pikiran antara individu tersebut dan akan menghasilkan sebuah pemahaman yang sama. Dalam diskusi ada topik yang dibicarakan. Topik tersebut bisa berawal dari sebuah kegelisahan mereka terhadap lingkungan yang mereka alami atau hal lain. Pertemuan diskusi sebanyak lima kali dengan topik yang berbeda-beda. Pada diskusi kali ini bersama teman kelompok, kami mendiskusikan tentang jurusan yang sedang kami tempuh di kursi perkuliahan. Yaitu, Bimbingan Konseling Islam. Jurusan ini berada di Fakultas Ushuluddin, Dakwah dan Addab UIN SMH Banten yang sebelumnya adalah IAIN SMH Banten. Beberapa bulan lalu jurusan BKI mendapat akreditasi B dari BAN-PT. Dari kurikulum pembelajaran yang kami rasakan setelah kurang lebih dua tahun kuliah, pembelajaran di kelas dengan mata kuliah yang  bagus, namun cara penyampaian materi kuliah di kelas oleh beberapa dosen membuat kami para mahasiswa merasa tidak paham dengan apa yang disampaikan oleh dosen tersebut. Hanya ada beberapa dosen yang di rasa dapat menyampaikan materi kuliah di kelas dengan baik.  Kadang kami masih merasa bingung dengan prospek kerja setelah lulus nanti, karena jika dilihat dari latar belakang jurusan jelas sekali bahwa jurusan BKI yang ada di UIN SMH banten ini berada dalam lingkup dakwah, yang nantinya akan menjadi seorang konselor di masyarakat. Perkembangan setiap tahun jurusan ini selalu ada namun bagaimana kita mahasiswa dapat memanfaatkan perkembangan tersebut. Seperti halnya di jurusan BKI ini banyak sekali komunitas - komunitas untuk mengembangkan minat dan bakat para mahasiswa. Beberapa tahun yang lalu komunitas belum sebanyak sekarang. Namun, sekarang ini komunitas di jurusan BKI sudah banyak. Tetapi, dari sekian banyaknya komunitas tersebut hanya ada beberapa komunitas yang mempertahankan eksistensinya di kalangan mahasiswa BKI. Itu karena kurangnya minat para mahasiswa untuk berkontribusi dalam komunitas tersebut. Kurangnya minat dapat dipicu dari beberapa faktor seperti, Manajeman waktu, kurang menarik atau hal lainnya.

Pada pertemuan selanjutnya kami mendiskusikan tentang Mata Kuliah Filsafat Tasawuf. Yang mana MK tersebut merupakan salah satu MK di jurusan BKI semester 5. Salah satu materi dari MK Filsafat Tasawuf adalah syariat dan hakikat. Syariat adalah aturan atau hukum yang ditetapkan Allah SWT. Sedangkan Hakikat adalah jalan yang ditempuh untuk mencapai syariat. Kemudian mendiskusikan mata kuliah Psikoterapi dan tugas mata kuliah di semester lima, berberapa topik pembahasan diskusi kami pilih sesuai kesepakatan bersama, agar diskusi berjalan dengan baik.

Berdiskusi adalah suatu hal yang sangat baik. Karena dapat memperkaya ilmu pengetahuan kita. Saya senang berdiskusi dengan teman karena belajar tidak harus di kelas atau membaca buku di perustakaan. Dengan berdiskusi kita bisa menemukan berbagai  pendapat yang sampaikan oleh teman diskusi yang lain. Teman diskusi yang lain pun merasa senang dengan diskusi yang dilakukan setelah pembacaan Alma'tsurat, itu terlihat dari cara mereka menyampaikan pendapat ketika sedang berlangsung diskusi. Semoga kegiatan positif ini bisa terus dilanjutkan untuk menambah wawasan kita. Kampus adalah tempat yang sangat bebas. Artinya kita bebas berdiskusi hal apapun sesuka kita selama itu masih positif. Mahasiswa adalah generasi muda penerus bangsa dan negara. Peran mahasiswa sangat penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan menjunjung tinggi tridarma perguruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Komentar

Postingan Populer