Konseling Individu

Konseling Individu menggunakan Terapi Doa



Abah Riwan berusia 63 tahun yang bertempat tinggal di Kp. Beunghar, Jampang Tengah Sukabumi. Adalah seorang ketua dewan kepengurusan masjid Kebon sirih Jampang tengah. Kesehariannya mengajar ngaji pada anak-anak maupun remaja di Kp.Beunghar. Pendidikan terakhir yang ditempuh adalah Sekolah Dasar yang kemudian dilanjutkan ke Pesantren untuk lebih dalam mempelajari ilmu agama. Konseling individual menggunakan terapi doa adalah salah satu metode yang digunakan abah ridwan pada Klien yang bernama Silvi Sulistiawati, berusia 20 tahun seorang mahasiswa yang beralat di Kp. Beunghar Jampang Tengah Sukabumi. Abah Ridwan adalah guru ngaji silvi. Silvi memiliki keluhan karena selama ini ia merasa bahwa ia sulit mencerna pelajaran disekolah, sulit menghafal, males dalam belajar dan kemudian silvi datang ke Abah Ridwan agar silvi bisa diberikan saran agar bisa mengurangi keluhannya.
Konseling individual adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara oleh seorang Konselor kepada Klien yang sedang memiliki keluhan atau masalah agar dapat membantu mengatasi masalahnya. Terapi doa adalah salah satu metode yang diberikan seorang konselor kepada Klien dalam membantu mengatasi masalahnya. Doa sebagai media dalam proses mengatasi masalah. Didalam doa terdapat unsur dzikir dan memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap jiwa manusia. Keefektifan doa dalam mengatasi masalah karena masalah manusia berasal dari Allah dan tentu Allah lah yang dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan perantara doa. Manusia adalah tempatnya salah karena dalam diri manusia terdapat sifat malaikan dan setan. Permasalahan yang terjadi dalam hidup manusia Allah telah mengetahuinya dan tentunya Allah telah menyiapkan berbagai alternative dalam proses mengatasi masalah manusia. Terapi doa boleh diikuti oleh siapapun yang merasa memerlukannya untuk menyadarkan diri kepada tuhan dalam mencari penyelesaian masalah.
Proses pemberian bantuan pada silvi yang memiliki masalah seperti diatas abah ridwan memberikan doa kecerdasan dalam belajar  dibaca setelah sholat lima waktu dan sebelum belajar dan surat Al-Insyirah yang dibaca 11 kali setelah sholat lima waktu. Motivasi silvi datang ke Abah Ridwan agar abah ridwan dapat membantu dalam mengatasi masalah yang dihadapinya. Dan setelah silvi konsultasi pada Abah Ridwan silvi merasakan ketenangan dan rasa malas, sulit menghafal dan sulit menerima materi disekolah sedikit demi sedikit berkurang. Dan sampai sekarang silvi masih mengamalkan doa yang disarankan oleh Abah Ridwan karena atas saran Abah tersebut silvi selalu diberikan kemudahan dalam belajarnya.
Manusia adalah makhluk Allah yang memiliki banyak keterbatasan dan kekuranan. Doa salah satu mekanisme pertahanan diri yang paling kuat dalam hidup manusia karena dalam doa terselip harapan yang dapat menjaga kita dari putus asa. Kepercayaan seorag individu terhadap sang maha besar yang dapat menolongnya dalam ujian hidup mereka buktikan dengan berdoa dan memperbanyak melakukan hal-hal yang positif bagi diri sendiri maupun orang lain. Karena sebaik-baik manusia adalah bermanfaat bagi orang lain. Individu yang datang mengunjungi seorang konselor tidak selalu orang-orang yang memiliki masalah yang berata, namun masalah ringan pun harus segera dikonsultasikan pada konselor karena masalah sekecil apapun jika di diamkan saja akan menjadi masalah besar. Keharusan seorang individu untuk berusaha menyelesaikan semua masalah yang dihadapi tidak melulu dengan sabar dalam menghadapi karena sabar dalam islam adalah berusaha untuk bisa menyelesaikannya bukan hanya berdiam diri menunggu selesai semua masalah yang dihadapi tanpa usaha.

Komentar

  1. Perbaiki pengetikan, pembuatan kalimat, dan penyusunan paragraf. Paragraf kedua tampak teoritis. Mana rujukannya? Apa doa yang diajarkan kepada Silvi? Apakah kamu menyaksikan terapi pada Silvi? Bagaimana cara Abah Ridwan melakukan asesmen dan diagnosa? Bagaimana/apa saja teknik konseling yang diterapkan oleh Abah Ridwan? Bagian terakhir paragraf ketiga juga nampak teoritis. Mana rujukannya? Apa "testimoni" Silvi tentang terapi yang dia terima? Apa refleksi Abah Ridwan tentang terapi yang dia berikan?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer