Tulisan 1



Teater Rakyat Banten
Oleh Sofiatunnisa
Kesenian adalah salah satu unsur kebudayaan. Dimana setiap daerah memiliki kesenian yang berbeda. Indonesia adalah negara berkembang dengan begitu banyak corak kesenian. Banten salah satu provinsi diIndonesia yang terletak dipulau jawa. Dulu Banten merupakan sebuah daerah dengan kota pelabuhan yang sangat ramai, serta dengan masyarakat yang terbuka dan makmur. Sehingga dengan mudah orang –orang luar masuk ke daerah Banten. Kesenian Banten begitu banyak di antaranya, Ubrug merupakan teater rakyat khas Banten, Bendrong lesung kesenian tradisional masyarakat Cilegon, Debus seni pertunjukan yang memperlihatkan kekebalan tubuh terhadap benda tajam, yang berkembang di kabupaten Lebak, Pandeglang, Kota Cilegon dan Kota Serang, Rampak Bedug, Angklung Buhun dan masih banyak lagi. Kesenian tradisional banten yang tersebar di wilayah banten memiliki perbedaan, dimana masing – masing memiliki khas yang diwariskan turun temurun.
Ubrug salah satu jenis kesenian Banten yang memadukan unsur lakon, musik, tari dan pencak silat. Semua itu dipentaskan secara komedi. Dalam kamus bahasa sunda, kata ubrug berarti sebagai bangunan darurat, tempat bekerja sementara untuk beberapa hari saja, misalnya untuk kepentingan hajatan atau pesta. Lain halnya dengan pendapat Mutia Kasim (dalam Walidat, 1997) yang menyebutkan bahwa ubrug diambil dari kata ngagebrug. Dalam pertunjukan ubrug, semua pemain baik laki-laki maupun perempuan, tua muda, beserta para penonton sama-sama menempati satu tempat pertunjukan atau sagebrug (bahasa Sunda).   Pada awal pertumbuhannya, seni ubrug diadakan sebagai kompensasi dari beban berat bekerja disawah atau ladang perkebunan sehabis panen. Perkembangan selanjutnya seni ubrug dimaksudkan untuk menghibur pada acara hajatan seperti, pernikahan, khitanan, peresmian gedung baru dan sebagainya. Sebagai alat penerangnya waktu itu adalah obor atau lampu blancong, yang disimpan ditengah-tengah arena pentas dan para pemainnya berada disekeliling obor atau blancong tersebut. Blancong adalah lampu minyak tanah yang bersumbu dua buah dan cukup besar. Bahasa yang digunakana dalam pementasan terkadang penggabungan dari bahasa Sunda, Jawa dan Melayu (Betawi). Alat musik yang dimainkan dalam pementasan adalah gendang, kulanter, kempul, gong angkeb, rebab, kenong, kecrek dan ketuk.
Ubrug sebagai teater rakyat karena lahir dari rakyat yang isinya menggambarkan persoalan persoalan kerakyatan. Persoalan kerakyatan ini secara jelas dapat diruntut dari awal kemunculan yakni teater rakyat lahir pada zaman prasejarah dalam bentuk upacara/ritual, tari-tarian dan tarian perang. Bentuk upacara antara lain untuk menghormati arwah nenek moyang dan ada pula pertunjukan yang ditujukan untuk merayakan keberhasilan panen . Seperti halnya kesenian yang lain seni ubrug juga memiliki fungsi estetik atau keindaahan dan sosial. Kesenian yang hingga kini masih ada dan tersebar di daerah Banten tetap menjadi hiburan bagi sebagian masyarakat. Para pemain ubrug bersaing menghibur masyarakat ditengah hingar bingarny seni modern. Secara sosial ubrug merupakan potret pemersatu masyarakat. Selain itu lakon yang dipentaskan juga bisa menjadi sarana penyampai pesan-pesan bijak sesuai dengan kejadian yang ada dimasyarakat.
Kesenian selain menjadi media hiburan juga menjadi media untuk menyampaikan informasi. Di era globalisasi yang terus menggempur zaman terutama dalam kesenian yang banyak bermunculkan seni-seni modernnya. Kita sebagai masyarakat yang berbudaya seharusnya bisa menjaga dan melestarikan kesenian-kesenian daerah terutama banten. Banten dengan begitu banyaknya kesenian harus di kembangkan agar tidak ditelan zaman. Ubrug salah satu kesenian yang berasal dari banten yang hampir punah harus kita lestarikan. Sebagai masyarakan banten kita harus menjunjung tinggi nilai – nilai budaya kita banten agar tidak hilang ditengah gemuruhnya seni modern.  Agar kesenian daerah yang berada di Indonesia khususnya Banten tetap berkembang menjadi kesenian yang menjadi ciri khas negara Indonesia dengan berbagai kesenian daerahnya.

Komentar

Postingan Populer